apa itu standard IEE 802.1Q

A. Pendahuluan

                                        Assalamualaikum wr.wb

oke bertemu lagi dengan saya ,kali ini saya akan membahas apa itu standard IEE 802.1.q



B.latar belakang

    VLAN merupakan suatu model jaringan yang tidak terbatas pada lokasi fisik  seperti LAN, hal ini mengakibatkan suatu network dapat dikonfigurasi secara    virtual tanpa harus menuruti lokasi fisik peralatan atau membuat virtual switch didalam switch dalam local area network.

C. Maksud dan tujuan

     ingin mengetahui apa itu Standard IEEE 802.1Q

D. Alat dan bahan

    --pc/laptop
    --koneksi internet
    --charger laptop

E. Pembahasan

   1. Standar IEE 802.1.q
 
IEEE 802.1Q, atau VLAN Tagging, adalah sebuah jaringan yang ditulis oleh standar IEEE 802.1 mengizinkan beberapa workgroup bridge jaringan untuk berbagi transparan link jaringan fisik yang sama tanpa kebocoran informasi antara jaringan. IEEE 802.1Q — along with its shortened form dot1q — is commonly used to refer to the encapsulation protocol used to implement this mechanism over Ethernet networks. IEEE 802.1Q - bersama dengan bentuk singkat dot1q - biasanya digunakan untuk merujuk pada enkapsulasi protokol yang digunakan untuk menerapkan mekanisme ini melalui Ethernet jaringan.

IEEE 802.1Q mendefinisikan arti dari sebuah Virtual LAN (VLAN) yang berkaitan dengan model konseptual tertentu yang mendukung bridging pada lapisan MAC dan pohon 802.1Dspanning IEEE protokol. IEEE 802.1Q mendefinisikan arti dari sebuah Virtual LAN (VLAN) yang berkaitan dengan Model Konseptual Tertentu yang mendukung bridging pada lapisan MAC dan ke 802.1D IEEEprotokol spanning tree. Protokol ini memungkinkan untuk setiap VLAN untuk berkomunikasi dengan satu sama lain dengan menggunakan sebuah switch dengan kemampuan lapisan-3, atau router. Protokol ini memungkinkan untuk setiap VLAN untuk berkomunikasi dengan satu sama lain dengan Menggunakan sebuah saklar dengan lapisan-3 kemampuan, atau router.


F. Waktu pelaksanaan 
       
             2 jam

G.  Referensi

http://reza-techno.blogspot.com/2011/11/ieee-8021q.html 

H. Kesimpulan

    jadi sudah tau kan apa itu IEE 802.1Q , kesimpulannya  IEEE 802.1 itu penulis yang mengizinkan bridge jaringan untuk berbagi link transparan/link jaringan fisik yang sama.

I.  Penutup

   oke sekian dari saya bila ada kesalahan saya minta maaf , semoga bermanfaat

                                           Wassalamualaikum wr.wb






Post a Comment

0 Comments