remote pfsense melalui web browser

Assalamualaikum wr wb

A.Pendahuluan
 
Pada kesempatan ini saya ingin melanjutkan pembahasan saya kemarin yaitu installasi PfSense di virtualbox, kali ini saya akan sharing bagaimana kita melakukan konfigurasi Pfsense tapi melalui web browser 
  • Latar Belakang
     Untuk melakukan konfigurasi di PfSense ini kita dapat melakukannya dengan 2 cara yang saya ketahui yaitu cli langsung di servernya atau menggunakan web browser, tetapi untuk melakukan konfigurasi menggunakan web browser pfsense ini perlu yang namanya Alamat jaringan / IP Address  
    • Maksud & Tujuan
         Dapat melakukan remote PfSense melalui web browser  
      B.Alat & Bahan
      • Server yang sudah terinstall PfSense
      • Laptop 
      • Media Perantara kali ini saya menggunakan wireless dan sudah saya atur ketika pertama kali install agar server ini mendapatkan ip address
      C.Waktu Pelaksanaan

        10 - 20 menit 
      D.Pembahasan

      1.Seperti keterangan diatas pastikan server yang terinstall pfsense yang sudah memiliki alamat ip

      Disini server yang saya install divirtualbox sudah mendapakan alamat IP 192.168.43.233/24 
       Setelah itu kita coba ping ke laptop yang akan kita gunakan untuk meremote
      2.Kemudian masuk ke web browser setelah itu ketikkan alamat IP Server anda di url nya dan jika muncul tampilan seperti dibawah klik Advanced
      Lalu Add Expaction
      setelah itu Confirm Security Expaction
      3.Maka akan muncul seperti ini, masukkan username dan pasword nya secara default username dan passwordnya "admin"

      4.Kemudian pilih next
      Klik next lagi untuk melanjutkan
      Isikan hostname, domain lalu DNS Servernya
      5.Isi time servernya dengan 0.id.pool.ntp.org Lalu timezone diisi dengan Asia/Jakarta 
      6.Lalu konfigurasikan interface wan nya , kali ini saya memilih DHCP agar dapat menerima IP dari DHCP Server. jika sudah dibagian bawah sendiri klik ok
      7.Lalu atur password yang akan digunakan untuk login remote PfSensenya
      Terakhir kita finish untuk menyelesaikan konfigurasi Web Browser ini 
      Berikut adalah tampilan utama PfSensenya 
      E.Masalah
        -
      F.Kesimpulan
       
        Dengan begini kita dapat melakukan konfigurasi konfigurasi melalui web browser tetapi jika bisa gunakan juga mode CLI nya agar menambah pengalaman

      Hanya ini yang bisa saya dapat sampaikan bilamana ada kesalahan dalam penulisan saya mohon maaf

      Wassalamualaikum wr wb
      G.Refrensi

      https://www.febriyan.net/2017/02/cara-konfigurasi-ip-address-dan-web-gui.html

      Post a Comment

      0 Comments