solusi lupa password root ketika login di debian 8 server

Solusi Lupa Password Root Ketika Login Pada Debian 8 Server ~

Assalamualaikum wr wb 


A.Pendahuluan

    Pada kali ini saya akan sedikit berbagi pengalaman saya ketika saya lupa password root untuk login ke server debian 8 pada virtualbox saya, saya lupa passwordnya karena sudah lama tidak saya pake dan ketika saya mencoba untuk mencari solusinya di internet dan saya coba daan berhasil dipake cara ini
  • Latar Belakang 
          Ketika saya ingin mencoba menjalankan server saya di virtualbox, namun ketika saya login menggunakan username root dan password yang saya ingat itu gagal login . kemudian saya cari di internet dan ternyata ada yang mempunyai kasus sama seperti saya setelah itu saya coba untuk mempraktekan nya dan ternyata bisa

  • Maksud & Tujuan 
          memperbaiki gagal login karena lupa password pada debian 8 server 

B.Alat & Bahan

- server debian 8
- virtualbox

C.Waktu Pelaksanaan

   05 - 20 menit

D.Pembahasan

1.Pastikan kalian masuk ke grub mode, kemudian tekan " e "


2.Setelah maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini


3.Lalu masuk ke baris "linux /vmlinuz-3..." pada akhir baris tersebut tambahkan "init=/bin/bash rw"
(tanpa tanda kutip) seperti ini


4.setelah itu tekan ctrl + x, kemudian masukkan perintah passwd lalu ketikkan password baru anda yang ingin digunakan untuk login


5.Terakhir kita coba login ke debian 8 server lagi


E.Masalah

   -
F.Kesimpulan

   Dengan mengreset password tadi, server yang tadinya lupa password jadi bisa kalian gunakan lagi tanpa perlu menginstall ulang server lagi

Mungkin hanya ini yan bisa saya dapat sampaikan bilamana ada kesalahan dalam penulisan saya mohon maaf

Wassalamualaikum wr wb

G.Refrensi 

   https://jaranguda.com/cara-reset-password-root-debian/

Post a Comment

0 Comments