Pengertian dan fungsi dari virtualbox, vmware , dan proxmox

A. Pendahuluan

                                                        Assalamualaikum wr,wb

Oke bertemu lagi dengan saya kali ini saya akan membahas pengertian dan fungsi dari virtualbox, vmware, dan proxmox. Simak baik-baik ya,

B. Latar Belakang

   Agar dapat memahami tentang apa itu VirtualBox, VMware, dan Proxmox.

C. Tujuan Dan Maksud

    Agar pembaca mengetahui tentang apa itu VirtualBox, VMware, dan Proxmox.

D. Hasil Yang Diharapkan

   Dapat memahami tentang VirtualBox, VMware, dan Proxmox.

E. Pembahasan

1. VirtualBox




   Virtualbox adalah software gratis milik Oracle yang fungsi utamanya adalah mem-visualisasi-kan sebuah atau banyak Sistem Operasi (OS) di dalam Sistem Operasi utama kita.

Fungsi dari VirtualBox
=>Dapat mencoba Operation System apapun.
=>Sebagai media untuk anda membuat simulasi jaringan.
=>Sebagai komputer yang fleksibel dan dapat kita pindah-pindah sesuka hati kita.

2. VMware




   VMware adalah teknologi buatan Dell yang menyediakan platform perangkat lunak (software) untuk melakukan virtualisasi. Tidak hanya software untuk membuat mesin virtual saja, tetapi mereka juga memberikan layanan pendukungnya. Nama VMware sendiri diambil dari cabang milik Dell yaitu VMware, Inc. Mereka adalah perusahaan pertama yang sukses melakukan virtualisasi terhadap arsitektur x86 secara komersial.

   Fungsi dan Kegunaan vmware virtual machine biasanya untuk mencoba aplikasi, develop, melakukan percobaan lainnya yang biasanya jika kita lakukan di guest OS yang artinya OS didalam OS dengan menggunakan vmware. Di VMware kita bisa melakukan percobaan dengan menggunakan sistem OS apapun mulai dari windows, mac, linux, install mikrotik di vmware dan lain sebagainya. Kita bisa bereksperimen tanpa harus kehilangan atau kerusakan pada OS utama. Intinya fungsi VMware dapat menjalankan banyak sistem operasi atau OS dalam satu PC atau laptop.

3. Proxmox




   Proxmox VE merupakan kependekan dari Proxmox Virtual Environment ada juga yang mengingkat menjadi PVE. Pengertian dari Proxmox VE adalah suatu platform virtualisasi yang stabil, lengkap, memiliki team support yang baik dan masuk di kelas virtualisasi enterprise. Proxmox ini merupakan proyek open source, dibangun dari Linux Debian. Proxmox VE akan melakukan manajeme container, virtual machine, storage, jaringan virtual, high availability cluster melalui antar muka web dan dapat juga menggunakan command line.

Proxmox VE menyediakan teknologi virtualisasi yaitu
=> KVM
   KVM merupakan kependekan dari Kernel Virtual Machine. KVM merupakan bagian integral dari Linux sejak tahun 2007.
=> QEMU
   QEMU menyediakan emulasi dan virtualisasi interface.

=> LXC
   LXC atau Linux Container ini merupakan virtualisasi OS atau virtualisasi operating system. Di sini containernya diisolasi tetapi masih melakukan share pada operating system dan juga library/binnya.

F. Kesimpulan

   Sebenarnya dari ketiga software tersebut ternyata sama-sama alat virtualisasi.

G. Penutup

   oke sekian dari saya bila ada kesalahan saya minta maaf , semoga bermanfaat

                                                      Wassalamualikum wr.wb



   

Post a Comment

0 Comments