sejarah tentang jaringan komputer

Assalamualaikum wr.wb

1. Pendahuluan

      oke bertemu lagi dengan saya kali ini saya akan mensaring tentang sejarah jaringan komputer 

B. latar belakang
   
         sekarang hari ini saya di blc kini saya akan berbincang tentang  sejarah jaringan komputer simak artikelnya



  
 . =>waktu pelaksanaan
            10 menit

C. Tujuan



    ingin mengetahui sejarah tentang komputer dan memahaminya
 dengan membaca 

D.pembahasan

apa itu jaringan komputer ?

jaringan komputer adalah  jaringan telekomunikasiyang memungkinkan antar komputer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data.

sejarah jaringan komputer bermula dari lahirnya konsep jaringan komputer pada tahun 1940-an di Amerika yang digagas oleh sebuah proyek pengembangan komputer MODEL I di Laboratorium Bell dan group riset Universitas Harvard yang dipimpin profesor Howard Aiken.Pada mulanya proyek tersebut hanyalah ingin memanfaatkan sebuah perangkat komputer yang harus dipakai bersama. Untuk mengerjakan beberapa proses tanpa banyak membuang waktu kosong dibuatlah proses beruntun (Batch Processing), sehingga beberapa program bisa dijalankan dalam sebuah komputer dengan kaidah antrian.

Kemudian pada tahun 1950-an ketika jenis komputer mulai berkembang sampai terciptanya super komputer, maka sebuah komputer harus melayani beberapa tempat yang tersedia (terminal), untuk itu ditemukan konsep distribusi proses berdasarkan waktu yang dikenal dengan nama TSS
 (Time Sharing System).
 berikut gambar dari TSS

Time sharing system adalah suatu teknik penggunaan online system oleh beberapa pemakai secara bergantian menurut waktu yang diperlukan pemakai. Disebabkan waktu perkembangan proses CPU semakin cepat, sedangkan alat Input/Output tidak dapat mengimbangi kecepatan dari CPU, maka kecepatan dari CPU dapat digunakan secara efisien dengan melayani beberapa alat I/O secara bergantian. Proses TSS mulai nampak perpaduan teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi yang pada awalnya berkembang sendiri- sendiri. Pada sistem TSS beberapa terminal terhubung secara seri ke sebuah host computer.


Kesimpulan

1.jaringan komputer sampai sekarang masih digunakan dan kita seharusnya bisa memahami sejarahnya 

penutup

oke sekian dan terima kasih sudah mampir di blog saya semoga dapat bermanfaat bagi kita semua 

                 wassalamualikum wr.wb

Post a Comment

0 Comments